Breaking News

Ada Wi-Fi di dalam Pesawat, lho! Gimana caranya, ya?


https://i.pinimg.com/originals/55/b2/92/55b292322314cf1acaa067600ecacd79.png
Kamu pernah lihat ada orang yang masih sempat bekerja di dalam pesawat? Mainan handphone dan bahkan masih sempat update di sosial media? Hemm... Dapat jaringan Internet dari mana, ya? Boro-boro Internet, nyalain handphone aja dilarang, makin bingung, kan? Tapi.. itu dulu, sekarang, mah udah canggih! WiFi onBoard saat ini memang disediakan oleh maskapai penerbangan. Kamu terbang pakai promo tiket pesawat murah? Jangan sedih! Kamu juga bisa pakai WiFi saat on board di pesawat, kok. Biar kamu bisa tidur dengan nyenyak, artikel ini akan menjelaskan tentang cara kerja WiFi di dalam pesawat.
Sebenarnya, WiFi onBoard sudah diatur dalam UU No 36 tahun 1999 Telekomunikasi, Pasal 33 ayat (2), yang berisi tentang kesesuaian spektrum frekuensi redio dan orbit satelit agar tidak saling mengganggu. Berarti WiFi bisa digunakan kapanpun dong? Ya, engga juga... Tetap ada peraturannya, yaitu dilarang digunakan pada saat pesawat dalam posisi taxi, take off, dan landing. Jadi, WiFi onBoard hanya bisa diaktifkan dan digunakan saat pesawat berada di ketinggian 10.000 kaki. WiFi onBoard sudah disetujui oleh Menteri Komunikasi dan Informatika dan diharapkan bisa diterapkan seluruh maskapai penerbangan yang ada di Indonesia, terlepas dari mereka membeli promo tiket pesawat murah ataupun tiket reguler, semuanya harus bisa merasakan fasilitas ini.
Plus – Minus WiFi onBoard
https://epnext.com/wp-content/uploads/2016/10/onboard-wifi.jpg
Namanya juga karyawan, walaupun cuti, terkadang si Bos masih suka nyuruh memantau kerjaan, kan? Mau ditolak, gak enak... Mau dituruti, harus merelakan waktu liburan.. Serba salah! Nah, nilai plus atau kelebihan dari WiFi onBoard ini adalah memberikan kemudahan akses Internet untuk kamu tanpa harus ribet memasang perangkat sendiri. Kamu gak perlu ribet mikirin kabel! Tapi ada kekurangannya juga, nih.. Kekurangannya adalah mudah dihack atau diretas. Jadi password si pengguna bisa dicuri oleh para hackers. Untuk kamu yang terbang dengan promo tiket pesawat murah, siapkan uang lebih, ya. soalnya WiFi onBoard ini cukup mahal, padahal kuotanya minim banget.

Air To Ground

Ada dua metode WiFi onBoard yang pertama yaitu Air To Ground. Air To Ground adalah sebutan untuk dua antena yang dipasang di perut pesawat yang bertugas untuk menangkap sinyal dari pemancar atau menara seluler yang ada di darat. Sesuai dengan namanya Air To Ground yang berarti dari udara ke darat. Nah, cara Air To Ground ini biasanya hanya bisa digunakan jika berada di ketinggian tertentu. Tapi, harap maklum, ya. namanya juga narik sinyal dari darat, jadi sinyalnya suka ngadat-ngadat dan bahkan putus gitu. Kecepatannya juga gak cepat hanya 3 Mbps, apalagi harus berbagi dengan penumpang lainnya, sabar aja, deh..

Satelit

Cara WiFi onBoard yang kedua adalah satelit. Koneksinya lebih stabil dan lebih kuat dari ATG karena sinyalnya didapat dari satelit luar angkasa. Jadi jangan khawatir kalau melintas di atas laut ataupun hutan belantara, sinyal WiFi-nya gak akan terganggu. Kecepatan koneksinya juga melebihi ATG, sekitar 40 – 70 Mbps. Lumayan, kan? Permasalahannya sekarang adalah.. Belum banyak maskapai yang memakai ini. Hemm... Berhubung terbang pakai promo tiket pesawat murah, kalau mau update sosial media, tunggu dulu sampai berada di bandara aja kali, ya..

Intinya adalah, WiFi onBoard sudah ada sejak lama, tapi koneksinya masih belum stabil dan cenderung mahal. Maskapai LCC (low cost carrier) juga gak semua menyediakan fasilitas WiFi onBoard. Untuk memastikannya lebih baik kamu tanya ke pihak maskapai atau ke online travel agent kesayangan masing-masing. Banyak promo tiket pesawat murah yang tersedia di Mister Aladin, tinggal buka situs misteraladin.com atau unduh aplikasi Mister Aladin di Google Play atau Apps Store.