Breaking News

15 Smartphone Dengan Radiasi Tinggi


Sejak awal ponsel muncul hal utama yang dikhawatirkan tentang adanya ponsel ialah imbas atau dampak yang dihasilkan oleh radiasi ponsel terhadap otak. Terlebih radiasi yang dihasilkan oleh smartphone setiap waktunya selalu ada peningkatan risiki terhadap durasi pemakaiannya. Bahkan banyak orang menganggap enteng efek radiasi smartphone atau ponsel yang mereka miliki.



Namun kabar baiknya beberapa merk sudah meminimalisir adanya penyebaran radiasi. Namun beberapa ponsel juga masih memiliki radiasi yang cukup tinggi. Dilansir dari techviral.net mengatakan jika kantor vederal perlindungan badan radiasi menerbitkan daftar smartphone yang memiliki pancaran radiasi tinggi. Dalam daftar tersebut menunjukan tingkat penyerapan dalam smartphone secara spefisik masing – masing ponsel yang dinyatakan terhadap satuan watt per kilogramnya. Di bawah ini akan aku sebutkan 15 daftar smartphone dengan radiasi tinggi versi BfS.

1.     One Plus 5T
2.     Huawei Mate 9
3.     Nokia Lumia 630
4.     Huawei P9 Plus
5.     Huawei GX8
6.     Huawei P9
7.     Huawei Nova Plus
8.     OnePlus 5
9.     Huawei P9 lite
10. iPhone 7
11. Sony Xperia XZ1 Compact
12. iPhone 8
13. ZTE AXON 7 mini
14. Blackberry DTEK60
15. iPhone 7 Plus

Dalam daftar diatas kamu dapat melihat jika smartphone diatas memiliki tingkat radiasi tinggi sejauh ini ialah OnePlus 5T yang nyatanya cukup terkenal dikalangan  pasaran smartphone. Meski daftar diatas didominasi oleh produk – produk China tiga produk merk Apple ternyata juga ikut masuk list tersebut.

Bahaya Menggunakan Smartphone Berlebih

Data BfS ini memiliki database peralatan yang lengkap untuk mendapat sertifikasi dari Blue Angle. BfS juga menetapkan angka 0,60 W/Kg untuk nilai maksimum emisi radiasi dari smartphone. Sedangkan untuk entitas dari Amerika FCC sudah menentukan nilai maksimumnya ialah 1,60 W/Kg untuk batas maksimum penerimaannya.

Smartphone memiliki efek samping yang berbahaya namun secara ilmiah masih belum dapat dibuktikan. Sebagian penelitian menyatakan jika radiasi yang ada dalam smartphone ini dapat menambah risiko terhadap kanker dan tumor otak.
Demikian artikel berjudul “15 Smartphone Radiasi dengan Radiasi Tinggi” ini semoga dapat membuka wawasanmu terhadap bahaya radiasi ponsel.