Langkah Tepat Membuat Proses Mengasah Kecerdasan Emosional Anak Berhasil

by - 23.28

Setiap orang tua yang peduli pada tumbuh kembang anaknya pasti akan selalu memberikan pembelajaran secara lengkap kepada anaknya tidak terkecuali kecerdasan emosional anak yang tidak kalah penting dari yang lainnya. Orang tua pasti ingin anaknya berkembang dengan memiliki kepribadian yang baik sehingga dapat dibanggakan oleh keluarga ketika sudah dewasa, dan hal ini bisa didapatkan melalui proses pembelajaran sejak dini. Yang perlu diingat adalah dengan melakukan proses pembelajaran dengan aktifitas yang dapat membuat anak senang sehingga materi yang disampaikan bisa diterima dengan baik. Karena memang dengan melakukannya bersaaman dengan aktifitas yang menyenangkan dapat membuat ilmu yang disampaikan diterima dengan mudah.



Jika orang tua bisa menyampaikan ilmu yang ingin diberikan kepada anak dengan cara cara yang membuat anak merasa nyaman melakukannya pasti akan sangat mudah diterima dan tidak akan membuat anak enggan melakukannya. Karena tentu saja anak yang masih berusia dini hingga masuk ke sekolah dasar lebih menyukai bermain dan bermain tersebut juga bisa dibilang cocok untuk mendidik kecerdasan emosional anak disamping dia bermain. Dibandingkan dengan memaksakan ilmu yang disampaikan akan sangat sulit diterima karena memang anak merasa enggan untuk belajar jika dipaksa. Dan berikut ini Wyeth Parenting memberikan beberapa langkah yang bisa digunakan orang tua untuk membuat proses mengajari anak ini dapat berhasil sekaligus memberi dampak baik bagi anak.

1. Selalu luangkan waktu untuk berbincang dengan anak

Memberikan waktu sebanyak mungkin untuk berbincang dengan anak akan sangat membantu perkembangan emosinya menjadi lebih baik dan tidak sebaliknya. Karena memang anak bisa mengatakan masalah yang dialaminya dan mengetahui apa yang sebenarnya membuatnya mengeluarkan emosi tertentu. Dengan begitu hubungan anak dan orang tuanya akan semakin dekat dan membuat anak lebih bahagia sekaligus memiliki kepribadian baik karena terus dibimbing.

2. Ajak anak dalam kegiatan di rumah

Yang dimaksud disini tentu saja dengan melibatkan anak dalam berbagai kegiatan seperti membersihkan rumah, menyajikan makanan dan lain lain sehingga anak lebih bisa belajar untuk mengontrol emosinya dengan melakukan hal hal yang sangat ringan. Ini juga dapat membuat waktu kebersamaan semakin besar dan stress yang dialami anak juga menurun. Jadi sebisa mungkin selalu libatkan anak dalam kegiatan yang dilakukan bersama didalam rumah untuk membangun hubungan keluarga yang lebih baik.

3. Minta anak mengikuti ekskul disekolahnya


Dengan membuat anak mengikuti ekstrakurikuler disekolahnya dapat membuat anak lebih berkembang emosinya dengan materi yang diberikan selama mengikuti kegiatan. Yang terpenting adalah dengan memasukkan anak ke dalam ekskull yang memang disukainya sehingga dapat bermanfaat penuh baginya.

Demikian beberapa langkah tepat untuk membuat kecerdasan emosional anak lebih cepat terbangun dan berhasil.

You May Also Like

0 komentar