Review: Lebih Laku Jualan di Bukalapak/Tokopedia?

by - 23.10

Jual beli online kini menjadi trend jual beli yang sedang melanda tanah air. Hampir 80% masyarakat Indonesia kini telah menjadi pelaku jual beli online baik sebagai penjual maupun pembeli. Hal tersebut bisa dilakukan dengan memiliki website toko online sendiri atau menginduk kepada situs jual beli besar yang telah ada. Kini di Indonesia ada 2 buah situs jual beli terpercaya yang bisa digunakan untuk memasarkan barang dagangan Anda di bawah nama toko Anda sendiri yaitu Bukalapak dan Tokopedia. Keduanya sama-sama menjadi tempat berkumpulnya penjual dan calon pembeli yang ingin melakukan transaksi jual beli online.


Secara garis besar, baik Bukalapak maupun Tokopedia menggunakan sistem yang hampir sama yaitu dengan mengumpulkan berbagai penjual untuk memasarkan produknya melalui situs jual beli mereka. Para calon pembeli bisa mencari produk atau melihat-lihat katalog produk sesuai dengan kategorinya sehingga menemukan apa yang sedang dibutuhkan. Keduanya juga tidak menarik biaya layanan alias gratis untuk para penjual dan pembeli. Dari berbagai kesamaan tersebut terkadang para calon penjual sering kebingungan untuk memulai berjualan di situs Bukalapak ataukah Tokopedia.

Jika ditanya lebih laku mana antara Bukalapak atau Tokopedia, maka jawabannya adalah relatif. Para calon pembeli pada saat ini sudah sangat pintar dengan memiliki atau melakukan survey di kedua situs tersebut. Seringkali seorang calon membeli melihat produk yang ia cari di kedua situs untuk mendapatkan harga yang paling rendah. Atau jika calon pembeli tersebut sudah berlangganan pada satu orang penjual dan mendapatkan kesan yang baik, maka untuk transaksi selanjutnya ia akan terus menggunakan toko online tersebut melalui situs jual beli yang sama.

Para penjualpun tak mau kalah dengan pembeli, mereka juga membuka toko online di kedua situs belanja online tersebut untuk menjaring pasar yang cenderung menggunakan salah satu aplikasi situs belanja. Dengan begitu penjual bisa diakses baik di Bukalapak ataupun di Tokopedia dengan harga yang sama. Agar laku, maka bukan dari situs penjualannya yang perlu diperhatikan namun lebih ke persaingan pasar sesama penjual. Meski begitu, seringkali Bukalapak atau Tokopedia melakukan suatu promo untuk kategori tertentu. Jika pada kategori tersebut Anda memiliki produk jualannya, maka tak ada salahnya untuk mengurangi harga jual sehingga produk bisa dimasukkan dalam daftar produk promo untuk meningkatkan penjualan.

Itulah sekilas review mengenai Bukalapak dan Tokopedia dalam penjualan produknya bagi para calon pelapak atau penjual. Dengan semakin pintarnya calon pembeli maka pelapak atau penjual harus lebih kreatif serta meningkatkan mutu produk jualan agar pembeli bukan hanya menjadi pembeli sekali saja namun juga berlangganan produk-produk Anda karena sudah mempercayai nama toko online yang Anda jalankan.

You May Also Like

0 komentar