5 Ide Bisnis di Bidang IT

by - 23.08

Memiliki minat di bidang IT atau komputer bisa menjadi modal dalam mendapatkan penghasilan baik utama maupun tambahan. Pasalnya saat ini dunia sedang berada dalam trend penggunaan teknologi komputer pada segala bidang sehingga ketrampilan di bidang IT sangat diperlukan. Lihat saja dari semua kegiatan manusia misalnya berkomunikasi, bekerja hingga hiburan kini menggunakan teknologi komputer sebagai sarana dan prasarananya. Untuk itu bagi mereka yang memiliki ketrampilan di bidang IT tak selayaknya tidak memiliki pekerjaan yang menghasilkan. Pekerjaan tersebut tak melulu harus berada di kantoran sebagai karyawan karena dengan memiliki keahlian komputer, Anda justru bisa membuka usaha sendiri di bidang tersebut.



Berikut ini adalah beberapa ide bisnis di bidang IT yang bisa Anda jadikan usaha sesuai dengan keahlian dan ketrampilan Anda.

1. Web developer dan administrator.

Internet dan web adalah 2 hal yang tak terpisahkan. Jika Anda memiliki kemampuan untuk membangun sebuah web maka pastinya kemampuan tersebut banyak dibutuhkan karena saat ini adalah jamannya internet. Anda bisa menjajakan keahlian Anda tersebut pada pemilik usaha lain yang ingin usahanya berkembang dan lebih dikenal masyarakat seperti toko online, daerah wisata, rumah makan, cafe hingga hotel atau guess house. Tak berhenti dengan hanya membuatkan saja, namun Anda juga bisa merangkap sebagai administrator atau layanan perawatan dengan sistem tahunan atau sesuai dengan kontrak lain yang disepakati.

2. Designer

Bagi yang memiliki keahlian dalam bidang design menggunakan program komputer, ada banyak peluang usaha yang bisa Anda kerjakan baik secara mandiri maupun bekerja secara kelompok. Beberapa contoh peluang usaha yang bisa dilakukan adalah membuka design untuk pemesanan logo, percetakan mmt, undangan, design foto pre wedding dan sebagainya. Pemilik website juga pastinya akan membutuhkan keahlian Anda untuk menciptakan konten menarik sebagai isian dari website yang mereka miliki.

3. Perawatan hardware.

Memiliki keahlian perawatan hardware komputer bisa digunakan secara langsung untuk membuka usaha perbaikan atau service berbagai jenis gadget. Anda bahkan bisa menjual komputer yang dirakit sendiri sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh calon pembeli. Dengan memiliki keahlian tersebut, Anda bisa membeli hardware komputer secara terpisah kemudian menggabungkannya menjadi satu PC utuh dan menjualnya kembali dengan harga jual yang jauh lebih mahal. Dengan begitu Anda bisa memiliki laba yang jika dikembangkan bisa menjadi penghasilan utama.

Beberapa ide bisnis tersebut bisa Anda pilih sesuai dengan keahlian yang dimiliki dibidang IT. Jika Anda memiliki keahlian lainnya maka Anda bisa menggunakannya sebagai modal membuka usaha. memiliki usaha di bidang IT memang membutuhkan modal yang tak sedikit dalam bentuk materi namun modal utamanya adalah keahlian, jika Anda tak memiliki modal materi maka Anda bisa membuka usaha dengan cara bergabung dalam sebuah kelompok atau bersama dengan teman dan kerabat dekat.

You May Also Like

0 komentar