Kapan Waktu Terbaik untuk Charge HP

by - 09.56

Saat ini siapa yang tak memiliki sebuah handphone untuk berkomunikasi? Bahkan anak kecil kini memiliki sebuah smartphone canggih yang bukan hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi namun juga untuk mencari sumber informasi pendidikan dan hiburan. Seiring dengan perkembangan jaman dan trend teknologi, kin handphone terutama smartphone sangat sering digunakan oleh manusia. Karenanya manusia membuat sumber energi cadangan seperti power bank untuk tetap bisa mencharger hp saat indikator low bat ditunjukkan. Namun memiliki power bank bukanlah solusi yang tepat untuk menjaga kestabilan kondisi batre handphone, kebiasaan melakukan charge atau pengisian batre yang salah juga sangat mempengaruhi kinerja hp terutama batrenya.



Seringkali batre berada dalam posisi low saat Anda sedang menggunakannya untuk bermain game atau untuk melihat rekaman gambar. Pada saat itu juga Anda melakukan pengisian batre tanpa menghentikan kegiatan tersebut. Alhasil smartphone akan menjadi panas karena batre melakukan pengisian dalam keadaan digunakan apalagi untuk penggunaan yang membutuhkan banyak energi seperti browsing, melihat video atau melakukan game berat. Kondisi inilah yang sering membuat batre cepat drop sehingga perlu sering dilakukan pengisian ulang.

Selain hal tersebut di atas, mencharger batre saat smartphone masih dihidupkan atau digunakan akan mempengaruhi kondisi dari layar LCD. Hal ini disebabkan batre akan menjadi panas padahal posisi batre ada di belakang layar yang sedang digunakan tersebut. LCD akan cepat rusak atau buram akibat melakukan charge diwaktu yang salah yang justru bisa mengakibatkan kerugian bagi Anda karena harga layar yang lebih mahal dibandingkan harga batre. Mencharger batre saat batre masih separuh atau masih banyak pada jenis batre tertentu juga justru bisa mengurangi masa hidup batre tersebut.

Lalu bagaimana cara dan waktu yang tepat untuk mencharger batre? Cara yang tepat untuk melakukan charge batre adalah tanpa menggunakan hp tersebut saat pengisian daya. Isilah batre Anda saat indikator menunjukkan posisi low bat dengan cara menonaktifkan hp atau mematikannya. Selain itu beberapa point yang harus juga diperhatikan saat mengisi batre adalah:


  • Tidak meletakkan batre pada benda elektronik yang juga sedang bekerja misalnya televisi atau laptop.
  • Tidak mencharger hp saat ada panggilan masuk karena bisa menyebabkan ledakan.
  • Tidak menempatkan hp pada softcase, book case atau dompet hp saat dicharge.


Sedangkan saat yang paling tepat untuk melakukan charge hp adalah pada saat tidak digunakan yaitu di malam hari dengan mematikan handphone Anda sehingga proses charging tidak mengalami kendala dan lebih cepat penuh.

Itulah tips untuk melakukan charge hp yang benar dan aman untuk keawetan batre serta handphone Anda. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

0 komentar