Cara Membuat Kopi yang Enak Banget dengan Teknik Manual Brewing

by - 10.35

Kopi adalah minuman yang paling pas untuk di segala suasana. Kopi menjadi solusi untuk mengusir kantuk dan membangkitkan semangat beraktivitas. Kopi bisa dinikmati dalam berbagai macam racikan seperti espresso, latte, machiatto, cappuchino, dan masih banyak lagi. Begitu pula dengan teknik pembuatan kopi yang beragam. Cara membuat kopi yang enak banget adalah kopi yang dibuat melalui teknik manual brewing. Teknik ini merupakan teknik menyajikan kopi dengan cara diseduh tanpa menggunakan mesin. Teknik ini biasanya digunakan untuk menyajikan kopi di kedai kopi. Teknik manual brewing sendiri terbagi menjadi beberapa teknik yang akan dijelaskan di bawah ini.

Cara membuat kopi yang enak banget dengan teknik manual brewing yang pertama adalah teknik French Press atau sering disebut dengan coffee press. Menyajikan kopi dengan teknik ini membutuhkan gelas bertutup yang dilengkapi dengan alat penekan di atasnya. Alat penekan itulah yang disebut dengan nama French Press. Cara meracik kopi menggunakan teknik ini adalah dengan melarutkan 60 gram bubuk kopi hitam dengan satu liter air. Kemudian, diamkan larutan tersebut selama lima menit agar bubuk kopi hitam bisa larut secara sempurna. Hilangkan ampas kopi dengan cara menekan bagian atas alat French Press. Tuangkan segera kopi yang sudah bebas dari ampas ke dalam cangkir.



Cara membuat kopi yang enak banget dengan teknik manual brewing yang kedua adalah teknik tubruk. Teknik ini merupakan cara meracik kopi secara tradisional yang sudah dipraktekkan di Indonesia selama puluhan tahun. Cara meracik kopi yang nikmat dengan teknik tubruk adalah dengan menuangkan bubuk kopi ke dalam cangkir. Tambahkan air panas yang baru mendidih ke dalam cangkir. Kemudian, aduk secara perlahan agar kopi larut secara sempurna. Kopi tubruk yang sudah larut tidak langsung dinikmati. Biarkan kopi tersebut selama beberapa menit agar ampas bubuk kopi mengendap di dasar cangkir. Kemudian, buang ampas bubuk kopi menggunakan sendok agar minum kopi menjadi lebih mudah.

Teknik membuat kopi dengan manual brewing yang selanjutnya adalah teknik cold brew. Teknik cold brew bukanlah kopi hitam yang diseduh dengan air es dan diberi es batu kemudian disimpan di dalam kulkas. Teknik cold brew merupakan teknik pembuatan kopi secara manual brewing yang membutuhkan waktu yang lama. Karena itu kedai kopi selalu menyediakan stok khusus untuk racikan kopi dengan teknik ini. Cara membuat kopi yang enak banget dengan menggunakan teknik cold brew menghabiskan waktu hingga 12 jam karena dibuat dengan alat khusus. Cara membuatnya adalah dengan meneteskan air es ke bubuk kopi. Kemudian, biarkan cairan kopi menetes satu per satu di atas gelas penampung. Rasa kopi racikan ini tidak terlalu asam.

You May Also Like

0 komentar