Belajar Berkurban dengan Menabung untuk Qurban

by - 09.20

Semua umat muslim akan melaksanakan penyembelihan hewan kurban setelah melaksanakan solat Ied pada Idul Adha. Penyembelihan hewan kurban ini diharuskan bagi setiap umat muslim yang mampu. Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi yang tidak mampu untuk ikut berkurban. Sekarang ini telah muncul beberapa program baik itu online maupun tidak yang dapat membantu orang menabung untuk qurban. Dengan adanya program seperti ini akan sangat membantu orang-orang yang ingin berkurban, karena tidak semua orang dapat langsung membayar hewan kurban sekaligus. Sehingga adanya program ini sangat membantu sekali.

Berkurban memang merupakan suatu hal yang diwajibkan bagi orang yang mampu dalam materi, tetapi sekarang sudah banyak orang yang mempunyai pendapatan pas-pasan ingin ikut berkurban. Hewan kurban yang dibolehkan untuk disembelih ada beberapa seperti sapi, kambing, kerbau, atau unta. Di Indonesia sendiri kebanyakan orang memilih sapi karena dagingnya yang banyak dan enak, tetapi sapi mempunyai harga yang cukup mahal. Kemudian ada juga yang memilih kambing karena kambing mempunyai harga yang sangat jauh lebih murah dari sapi. Tetapi kambing mempunyai bau yang khas yang kadang tidak disukai oleh orang-orang. Dengan menabung untuk qurban kita bisa saja memilih hewan mana yang akan dikurbankan nantinya sesuai dengan uang yang ada di tabungan kita.


Untuk hewan kurban sendiri sebenarnya tidak harus yang mempunyai harganya mahal, karena Allah tidak melihat itu semua. Yang Allah lihat adalah keikhlasan dan niat untuk menyisihkan sebagian hartanya. Karena harta adalah pemberian dari Allah maka tidak heran jika kita harus menyisihkan untuk keperluan agama. Kita sebagai seorang muslim tidak boleh terasa terbebani dengan mengeluarkan harta kita untuk berkurban, karena sebenarnya dengan berkurban kita menabung untuk hari akhir nanti. Malah, jika kita berkurban setiap tahunnya sama saja dengan kita menabung untuk hari akhir kita. Oleh karena itu, dengan menabung untuk qurban kita tidak akan terlalu merasa terbebani untuk mengeluarkan sebagian harta.

Jika kita memikirkan harga memang terasa sangat mahal, oleh karena itu dengan adanya program ini kita dapat membeli hewan kurban dengan harga lebih murah dari pasaran tetapi dengan kualitas yang baik. Seperti yang diketahui bahwa hewan kurban harus mempunyai kualitas yang baik, seperti yang disyaratkan dalam hukum kurban. Tidak boleh ada cacat, sakit, pincang, dan daging yang kurus kering. Sekarang ini sudah banyak program-program yang dapat digunakan untuk menabung untuk qurban, biasanya program ini juga dilaksanakan dengan program lain. Program lain tersebut misalnya saja lumbung ternak. Dengan adanya lumbung ternak ini dapat membantu masyarakat dengan ilmu ternak dan juga berbagai cara untuk beternak sehingga menghasilkan hewan ternak yang baik.

Info lebih lengkap lihat disini

You May Also Like

0 komentar