Syarat Kambing Kurban yang Sesuai Syariat

by - 23.45

Berkurban merupakan salah satu bentuk ibadah umat muslim yang dilaksanakan dengan menyembelih binatang ternak sesaat setelah selesai menunaikan sholat Idul Adha. Tradisi umat muslim ini hanya dilakukan satu kali dalam setahun. Oleh karena itu, umat Islam selalu bahagia menunggu datangnya Hari Raya Idul Adha. Di tahun 2017 ini, Idul Adha jatuh pada hari Jumat tanggal 1 September. Menjelang hari besar tersebut, harga kambing kurban pun mulai meningkat. Kambing menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk dijadikan hewan kurban. Oleh karena itu, tidak heran jika kambing selalu laris manis di pasaran saat menjelang Idul Adha. 


Meskipun harga kambing kurban selalu meningkat setiap kali menjelang Hari Raya Idul Adha, namun hal tersebut tidak sedikitpun menyurutkan minat masyarakat untuk berkurban. Kambing memang lebih digemari oleh masyarakat Indonesia dibandingkan dengan jenis hewan kurban lain seperti sapi dan domba. Lalu, apa yang membuat kambing menjadi favorit umat muslim untuk dikurbankan? Sebenarnya, ada banyak alasan mengapa masyarakat Indonesia suka berkurban hewan kambing. Salah satu alasannya adalah karena kambing memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan hewan kurban lain seperti sapi. Biasanya, harga satu ekor sapi akan sebanding dengan harga tujuh ekor kambing. Alasan inilah yang membuat masyarakat lebih memilih kambing dibandingkan sapi. Selain dijual dengan harga yang cukup murah, rasa daging kambing juga cocok dengan lidah orang Indonesia. Meskipun tidak dipungkiri bahwa tidak sedikit pula yang lebih memilih sapi karena memiliki daging yang lebih banyak dan tebal.

Dengan tingginya permintaan kambing kurban menjelang Hari Raya Idul Adha, tentu semakin banyak peternak kambing yang menjual hewan ternaknya tersebut. Dengan maraknya pedagang hewan kurban, masyarakat diharapkan lebih teliti dan selektif dalam membeli hewan kurban yang sesuai syariat. Kambing yang akan dikurbankan hendaknya sudah cukup umur dan tidak mengalami cacat. Jika kambing yang dikurbankan tidak sesuai dengan syariat, maka ibadah kurban seseorang menjadi tidak sah. 

Berikut ini adalah ciri-ciri hewan kurban yang tidak sah untuk dikurbankan :

1. Cacat matanya
2. Sakit
3. Kakinya pincang
4. Kurus atau tidak berlemak

Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, saat ini Anda sudah bisa membeli hewan kurban secara online. Situs globalqurban.com merupakan tempat yang menjual aneka jenis hewan kurban dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Selain itu, semua hewan kurban yang dijual juga telah sesuai dengan syariat. Semua kambing kurban yang dijual berada dalam kondisi kesehatan yang baik dan tidak sedikitpun mengalami cacat. Karena kambing merupakan hewan kurban yang paling banyak dicari dan laris manis di pasaran, sebaiknya Anda segera memesan hewan kurban tersebut sebelum kehabisan. 

You May Also Like

0 komentar