Tips Agar Kue Nastar Matang Sempurna

by - 00.17

Kue Nastar merupakan salah satu kue yang cukup sering ditemukan di meja-meja rumah kita. Terutama saat sedang lebaran. Kue ini merupakan disebut nastar yang diambil dari bahasa asing nastar yang artinya pineapple cake. Selain itu, kue ini juga disebut pineapple tart. Kue ini disebut nastar juga karena isinya adalah pasta nanas. Rasanya manis sekaligus asin, karena isinya nanas, sementara atasnya diberi keju. Kue Nastar Nanas ini sangat digemari di Indonesia. Pada saat lebaran biasanya banyak yang membuat sendiri kue nastar, untuk sajian kepada tamu yang bertandang ke rumah untuk bersilaturahmi. Namun kadang ada yang gagal membuat kue ini. 

Nah, untuk menghindari itu semua ada beberapa tips yang dapat diterapkan agar kue tidak bantat. 

1. Bahan tepung: 


Sebaiknya gunakan jenis tepung terigu yang rendah protein. Karena lebih mudah untuk dibuat menjadi kue, dan lebih gampang diaduk. 

2. Gula: 


Sebaiknya memakai gula halus, karena gula ini akan lebih bagus dalam menghasilkan kue dengan pori-pori kecil, yang akan terlihat lebih bagus. Sementara itu, gula pasir akan menghasilkan tekstur yang berpori-pori besar. Gunakan gula secukupnya, karena jika terlalu banyak akan menghasilkan kue yang lebih cepat coklat. 

3. Suhu yang sesuai: 


Jangan lupa untuk memperhatikan suhu oven yang dipakai untuk memasak kue. Biasanya antara kisaran 170 derajat celcius – 180 derajat celcius. 

4. Jangan gunakan baking powder: 


Jika menggunakan baking powder biasanya kue nastar menjadi kurang renyah dan tidak mengembang secara sempurna. Gunakan bahan lain sebagai pengembang. 

5. Adukan: 


Jangan terlalu lama mengaduk dengan tangan, karena hal ini akan berpengaruh terhadap adonan. Hal ini hanya akan membuat kue bantat dan hasil yang kurang bagus. 

6. Mentega: 


Gunakan mentega yang memiliki lemak sebanyak 65 – 75 persen dari jumlah tepung. Gunakan juga mentega yang bagus untuk membuat kue. Blueband misalnya, termasuk yang bagus untuk membuat kue kering. Hasil kue renyah, dan tidak mudah rapuh.

Itulah artikel mengenai tips-tips kue nastar. Semoga bermanfaat. 

You May Also Like

0 komentar