Mari Bantu Rohingya yang Penuh Cerita Duka

by - 00.00

Rohingya merupakan etnis muslim minoritas yang ada di Myanmar. Etnis tersebut banyak disebut-sebut dalam berita internasional. Hal itu terjadi karena adanya kekerasan diskriminatif terhadap muslim Rohingya. Berbagai tindakan dari sebuah gerakan keras melakukan penganiayaan dan pembunuhan masal kepada etnis Rohingya. Tersebarnya tragedi kemanusiaan tersebut membuat banyak pihak melakukan berbagai aksi solidaritas untuk bantu Rohingya. Tindakan mulia tersebut dilakukan untuk membantu Rohingya yang mengalami kesulitan mendapatkan hak hidup. Tragedi mengerikan yang terjadi pada etnis minoritas ini memang membuat Rohingya terpojok, terlebih saat keluarnya pernyataan bahwa Rohingya tidak diakui sebagai warga Myanmar. Berikut adalah beberapa hal yang terjadi pada muslim Rohingya.

Mengenal Lebih dalam Muslim Rohingya


Sejarah mengenai Rohingya menyebutkan bahwa etnis ini merupakan suku yang asalnya adalah pedagang Arab yang tinggal di perbatasan antara Myanmar dan Bangladesh. Konflik terjadi antara Myanmar yang tidak mengakui suku Rohingya. Aksi sosial bantu Rohingya mulai dilakukan sejak perlakuan diskriminatif pemerintah pada Rohingya memuncak dan membuat muslim minoritas ini melakukan perpindahan atau mengungsi dalam gelombang besar. Pengungsian dalam jumlah besar yang pertama terjadi di tahun 1962 karena adanya kudeta dengan operasi Raja Naga. Kudeta tersebut telah mengakibatkan ratusan ribu warga Rohingya harus mengungsi ke Bangladesh. Memang begitu pilu, duka yang dialami muslim Rohingya yang tidak diakui keberadaannya.

Walaupun Rohingya sudah lama tinggal di Myanmar, perlakuan pemerintah membuatnya terusik dari tanah kelahirannya sendiri. Pengungsian dengan jumlah yang sangat banyak tidak lagi diterima oleh negara lain. Pemerintah Bangladesh merasa keberatan jika harus menerima semua pengungsi Rohingya di negaranya. Maka dari itu PBB ditunjuk untuk menangani permasalahan ini secara langsung. Sejak itu lah, tragedi ini tersebar dengan begitu cepat. Berbagai kegiatan dan donasi untuk bantu Rohingya datang. Kejahatan dan perlakuan tidak manusiawi yang diterima Rohingya menjadi salah satu permasalahan global. Tentu hal tersebut tidak bisa ditangani dengan mudah oleh satu negara. Peran perdamaian dunia sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan kejahatan masal yang terjadi di Myanmar ini.

Jumlah penduduk Rohingya sendiri diperkirakan sekitar 1,3 juta jiwa. Mereka semua hidup dengan dibayangi kekhawatiran. Etnis Rohingya tidak bisa hidup dengan normal dan melakukan kegiatan dengan tenang. Mengungsi ke negara lain adalah salah satu cara yang dilakukan Rohingya untuk menyelamatkan hidup. Selain negara Bangladesh, Malaysia juga merupakan salah satu negara yang diimpikan untuk tempat mengungsi yang nyaman. Selain itu, ada beberapa tempat lain yang didatangi pengungsi Rohingya. Ada yang menolak, namun ada pula yang bersedia bantu Rohingya untuk tempat mengungsi sementara. Permasalahan tempat tinggal untuk pengungsi Rohingya memang perlu persiapan matang agar tidak mengganggu kondisi suatu negara. 

You May Also Like

0 komentar