Jurusan Paling Diminati di Universitas di Timur Tengah & Panduan Mendaftar

by - 00.24

Salah satu negara tujuan untuk pendidikan tinggi yang banyak difavoritkan oleh calon mahasiswa Indonesia adalah Timur Tengah. Hal ini sebenarnya tidak mengherankan mengingat sebagian besar masyarakat Indonesia beragama Islam. Sehingga, negara tujuan untuk pendidikan tinggi yang banyak dipilih adalah negara-negara Islam pula. Timur Tengah seperti Arab Saudi, Mesir, Libanon hingga Jordania menjadi negara-negara tujuan pendidikan tinggi favorit. Sejumlah universitas ternama pun ada di negara-negara tersebut, contohnya adalah King Saud University, University of Cairo, University of Khaortum, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, jurusan yang tersedia juga cukup lengkap serta dapat dipilih sesuai minat masing-masing.


Jurusan Favorit di Universitas Timur Tengah

Mengingat negara-negara Timur Tengah merupakan pusat peradaban Islam, maka tidak mengherankan apabila jurusan favorit yang banyak dipilih juga yang berkaitan dengan ilmu agama Islam. Termasuk di antaranya adalah seputar sejarah Islam, fiqih, Al-Qur’an dan lain sebagainya. Namun, jurusan yang tersedia di Universitas Timur Tengah ini tidak terbatas hanya pada ilmu-ilmu agama Islam saja. Banyak calon mahasiswa yang memilih jurusan Sains serta Teknik. Ini karena banyak ilmuwan bidang sains dan teknik asal Timur Tengah yang cukup populer di kalangan cendekiawan modern. Tidak mengherankan apabila kedua jurusan ini pun menjadi favorit. 

Persyaratan Masuk Universitas di Timur Tengah

Masuk universitas yang ada di Timur Tengah terbilang tidak mudah. Jika Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia hanya sebatas ujian tertulis saja, maka di Timur Tengah seleksi masuknya jauh lebih kompetitif. Di samping ujian tulis, calon mahasiswa juga harus mengikuti ujian lisan. Termasuk dalam ujian lisan ini adalah hafalan Al-Qur’an, muhadatsah, qiratul kutub serta hal-hal lain terkait bahasa Arab. Semua materi ujian juga menggunakan bahasa Arab dan calon mahasiswa diwajibkan untuk menghafal Al-Qur’an. Bukan hal mudah untuk bisa lulus serta diterima di perguruan tinggi ternama di Timur Tengah. Ujian yang harus diikuti bukan hanya berasal dari Kementerian Agama Republik Indonesia, tapi juga masih ada ujian tahap kedua. 

Ujian tahap kedua ini diselenggarakan oleh kedutaan besar dari masing-masing negara asal perguruan tinggi yang dipilih. Ujian tes masuk ini mewajibkan calon mahasiswa untuk berkutat dengan buku-buku yang menggunakan bahasa Arab. Tidak hanya itu, calon mahasiswa juga harus terus mengulang hafalan Al-Qur’an mereka. Walaupun syarat masuknya terbilang berat, hal ini rupanya tidak menyurutkan niat para calon mahasiswa dalam menimba ilmu di Timur Tengah. Perjuangan melewati tes masuk yang berat akan terbayar saat sudah mengecap bangku kuliah di universitas ternama Timur Tengah serta mendapat ilmu langsung dari guru-guru besar ahli agama Islam yang ada di sana. Demikian informasi di atas semoga bisa bermanfaat. 

You May Also Like

0 komentar