Cara Mendapatkan Beasiswa di Jepang

by - 00.26

Jepang menjadi salah satu negara tujuan untuk pendidikan tinggi yang cukup populer di Asia. Selain karena teknologinya yang sudah jauh lebih maju, sistem pendidikan Jepang juga terbukti ampuh dalam mencetak lulusan-lulusan berkualitas di bidangnya masing-masing. Untuk bisa kuliah di Jepang, salah satu caranya adalah dengan mendaftar beasiswa. Ini karena biaya kuliah yang tinggi sehingga bagi sebagian orang tidak akan dapat menjangkaunya. Ada banyak tawaran beasiswa Jepang dari berbagai instansi, baik swasta maupun negeri. Salah satunya adalah beasiswa yang berasal dari Kementerian Jepang. Jika tertarik pada beasiswa ini, berikut adalah cara mendapatkannya. 

Persyarata Mendapatkan Beasiswa di Jepang

Usia maksimal adalah 35 tahun dan IPK akhir minimal 3.0. Persyaratan lain meliputi nilai JLPT atau Japanese Language Proficiency Test minimal 2/N2. Pilih bidang studi serta disiplin ilmu sebelum mendaftar. Peserta juga wajib untuk mempelajari bahasa Jepang terutama bagi mereka yang belum terlalu menguasainya. Persyaratan lain adalah sehat jasmani serta rohani. 

Cara Mendaftar Beasiswa di Jepang

Pendaftaran akan dibuka pada akhir April serta akhir Mei pada tahun berjalan. Lakukan registrasi online dan isi formulir pendaftaran yang telah didownload di halaman resmi. Lengkapi dokumen yang dibutuhkan, lalu formulir serta dokumen yang diminta harus dikirimkan ke Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang. Dokumen yang dikirim adalah satu rangkap dokumen original serta empat rangkap fotokopi dari dokumen original tersebut. 

Dokumen Yang Diserahkan Untuk Pendaftaran Beasiswa di Jepang

Berikut adalah beberapa dokumen yang wajib diserahkan dalam pendaftaran beasiswa kuliah ke Jepang. Semua dokumen wajib untuk dilengkapi dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Jepang.

1. Lembar printout berupa konfirmasi registrasi online yang di dalamnya berisi nomor ujian peserta.
2. Application Form dan Field of Study and Study Program yang sudah didownload
3. Pasfoto ukuran 3.5 x 4.5 cm yang ditempel pada Application Form
4. Fotokopi transkip nilai serta ijazah yang telah dilegalisir dalam bahasa Inggris atau Jepang
5. Surat rekomendasi yang berasal dari universitas jenjang pendidikan terakhir. 
6. Sertakan pula surat rekomendasi dari tempat kerja bagi yang sudah atau sedang bekerja.
7. Abstract of Theses juga disertakan.
8. Foto atau rekaman hasil karya penting untuk disertakan apabila kita memilih bidang musik atau seni. 
9. Terakhir, jangan lupa sertakan fotokopi sertifikat nilai JLPT

Semua dokumen perlu untuk dibuat dalam kertas ukuran A4 dan dibuat lima rangkap, yaitu satu rangkap original dan empat rangkap fotokopi. Urutan harus sesuai dengan daftar di atas dan diklip agar tidak tercecer. Semua dokumen yang telah dikirim maka tidak akan bisa diminta kembali. Tidak perlu untuk melampirkan dokumen yang tidak tertera di atas. 

You May Also Like

0 komentar