Proses Dalam Mendapatkan Program Sejuta Rumah Di Perumahan Murah

by - 01.53

Saat ini rumah menjadi masalah tersendiri bagi para masyarakat berpenghasilan rendah yang menyebabkan sebuah hunian pribadi menjadi mimpi yang sangat sulit terwujud. Namun saat ini sudah terdapat sebuah program yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo untuk membangun sejuta rumah yang akan menjadi perumahan murah. Program yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2015 lalu ini hanya bisa didapatkan oleh masyarakat kalangan menengah bawah yang memang kesulitan memiliki rumah pribadi. Selain itu dari sisi cara mendapatkannya pun sangat sulit karena harus melewati beberapa seleksi tetap. Dan berikut ini beberapa proses untuk bisa mendapat rumah dalam program ini yang sudah dirangkum Perumnas.


1. Hunian pertama

Yang sangat ditekankan disini adalah bahwa rumah yang ingin didapatkan ini merupakan rumah pertama dan tidak pernah memiliki rumah lainnya. Karena program perumahan murah ini berusaha sekeras mungkin agar target orang orang yang belum pernah memiliki rumah bisa tercapai.

2. Bantuan pertama dari pemerintah

Yang dimaksud disini adalah baru pertama kali mendapatkan subsidi dari pemerintah seperti rusunami. Karena hal ini akan secara otomatis menggugurkan keinginan untuk bisa mendapatkan rumah pribadi dan tidak bisa mendapatkan bantuan lagi dari pihak pemerintah.

3. Pengahasilan paling besar Rp 7 juta

Karena target dari program ini adalah para masyarakat yang memiliki gaji perbulan cukup kecil yakni maksimal Rp 4 juta untuk rumah tapak dan juga Rp 7 juta adalah untuk memiliki rumah susun. Ini dilakukan agar target yang diinginkan bisa sesuai dan tidak didapatkan oleh orang yang sebenarnnya mampu.

4. Pegawai tetap dan memiliki NPWP

Terakhir adalah dengan menjadi seorang pegawai tetap dan bukan pegawai tidak tetap yang tidak akan diterima oleh pihak perbankan. Selain itu NPWP juga harus dimiliki sebagai bukti bahwa sebagai pekerja selalu memenuhi kewajiban pajaknya sekaligus bukti penghasilan tiap bulannya. Dan kedua hal ini akan sangat dipertimbangkan oleh pihak perbankan jika ingin mendapatkan rumah murah tanpa harus mengalami penolakan.

Demikian beberapa proses mendapatkan rumah dalam perumahan murah untuk para masyarakat kalangan menengah.

You May Also Like

0 komentar