Pentingnya Pendidikan Anak SD Bagi Anak

by - 21.25

Pendidikan merupakan hal yang paling penting dalam menunjang tumbuh kembang si kecil. Sebagai orang tua, memang sudah menjadi kewajiban untuk mendidik anak sedari kecil. Orang tua bertugas untuk menanamkan moral dan pengertian akhlak kepada anak. Namun anak juga wajib mendapatkan pendidikan akademis dari pengajar yang lebih professional. Karena banyak ilmu-ilmu penting yang harus ditanamkan kepada anak tetapi tidak bisa diajarkan semua oleh orang tua. Karena itu pendidikan anak sd sangat penting dan sangat dibutuhkan. Apalagi saat ini, banyak pendidikan anak sd gratis yang membuat para orang tua senang. Pasalnya, anak-anak dari keluarga kurang mampu pun sekarang bisa mengenyam bangku sekolah dasar. Tidak ada batasan usia untuk mencoba jenjang pendidikan sekolah dasar. Karena wajib belajar 9 tahun memang ditanamkan di Indonesia. Namun sebaiknya sebelum memasuki anak ke dunia sekolah dasar, biasakan anak untuk berinteraksi dengan dunia luar terlebih dahulu. 

Awal Mula Pendidikan Sekolah Dasar

Sebelum menginjak bangku sekolah dasar, anak-anak sudah diwajibkan untuk mengikuti pendidikan anak usia dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK). Di kegiatan PAUD anak diajarkan untuk berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungan luar. Di taman kanak-kanak anak sudah mulai diajarkan membaca, berhitung dan mulai mengembangkan keterampilan menulis. Anak-anak juga diajarkan bermain namun sambil belajar dan berpikir. Seperti memecahkan masalah dan melafalkan kata-kata sederhana. Hal ini bertujuan untuk membentuk karakter dan kepribadian anak. 

Kemudian saat masuk ke tahap pendidikan anak sd, si kecil mulai diajarkan untuk mengarang cerita fiksi, memecahkan matematika sederhana seperti penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Pelajaran yang diajarkan pun semakin hari semakin susah. Anak yang berhasil melalui proses demi proses akademis ini akan naik ke tahap berikutnya. Contohnya seperti anak yang berhasil melalui proses belajar di kelas 1 sd maka akan naik kelas ke kelas 2. 


Tujuan Pendidikan Sekolah Dasar

Pendidikan anak sd sangat penting karena bertujuan untuk mengajarkan ilmu berhitung, membaca, menulis, menghafal dan berpikir. Dalam pendidikan anak sd seorang anak bisa mengembangkan logikanya untuk memecahkan suatu masalah dan bisa mengasah bakat serta kemampuan yang dimilikinya. Kepintaran seorang anak pun sudah mulai diuji pada tingkat ini. Anak akan diberikan beberapa pekerjaan rumah yang harus mereka selesaikan sendiri. 

Awal memasuki dunia sekolah dasar, sang anak pasti belum terbiasa dan masih minta didampingi oleh orang tua. Dampingi mereka, namun tetap usahakan agar mereka mengerjakan sendiri tugas-tugasnya. Apabila mereka meminta tolong atau tidak mengerti, ajari mereka secara pelan-pelan sampai mereka benar-benar mengerti dan nantinya akan terbiasa untuk menyelesaikan semua tugasnya sendiri. Sikap disiplin dan sopan santun juga akan semakin terasah saat anak memasuki jenjang sekolah dasar. 

You May Also Like

0 komentar