Kemudahan Mengurus Perizinan Usaha Migas Hari Ini di BKPM

by - 09.59

Bisnis pada sektor sumber daya alam minyak dan gas menjadi hal yang sangat seksi di negara Indonesia. Jika diibaratkan kue, maka sumber daya alam minyak dan gas merupakan kue yang paling enak yang banyak diperebutkan masyarakat. Selama ini, banyak dari rakyat Indonesia yang menginginkan memulai bisnis pada sektor sumber daya alam minyak dan gas atau populer dengan sebutan migas. Izin usaha migas hari ini menjadi lebih mudah, pasalnya mengurus perizinan membuka usaha pada sektor minyak dan gas hari ini bukan lagi di tangani di bawah Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). 


Semenjak tahun 2026 ini, berbagai perizinan usaha pada sektor pertambangan  yang diurus di Kementrian ESDM banyak di pangkas dengan tujuan efisiensi waktu, biaya, dan juga tenaga. Masuk kedalam perizinan yang dipangkas ini adalah perizinan mendirikan usaha minyak dan gas. Izin usaha migas hari ini bukan lagi menjadi masalah yang ditangani oleh Kementrian ESDM, akan tetapi perizinan mendirikan usaha minyak dan gas  bisa diurus dengan lebih mudah lagi di Badan Koordinasi Penanaman Modal atau BKPM. Perizinan usaha minyak dan gas yang dimaksud disini diantaranya tiga izin tersebut adalah izin usaha hulu minyak dan gas, izin usaha hilir minyak dan gas dan izin usaha penunjang minyak dan gas.

Sistem Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) khususnya dalam dunia pertambangan (yang salah satu diantaranya ialah migas) mulai diterapkan untuk memudahkan semua pihak yang ingin membuka lahan bisnis yang sehat dari dunia pertambangan salah satunya Migas. Sistem PTPS ini merupakan sistem perizinan yang berada dibawah naungan Badan Koordinasi Penanaman Modal.  Dengan dipindahkannya perizinan usaha minyak dan gas di lembaga BKPM tentu saja banyak kemudahan yang akan didapatkan. Langkah tersebut merupakan tindak lanjut Instruksi Presiden Nomor 4 tahun 2015 tentang penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) di BKPM. Hal tersebut dengan tujuan menangani masalah tumpang tindihnya proses perizinan seperti yang terjadi sebelumnya. 

You May Also Like

0 komentar