Izin Usaha Migas Hari Ini Ternyata Lebih Mudah dan Efektif

by - 10.00

Mendirikan usaha pada bidang minyak dan gas di Indonesia merupakan hak siapapun terutama dalam hal ini seluruh rakyat Indonesia. Selama ini banyak pihak dalam negeri yang menghindari usaha minyak dan gas  di Indonesia karena perizinan usahanya yang sangat ribet dan bertahap-tahap, sehingga baik para pengusaha maupun ivestor dalam negeri sangat banyak yang memilih menghindari usaha minyak dan gas ini. Padahal, sumber daya alam di Indonesia pada sektor minyak dan gas sangatlah melimpah tinggi sehingga sayangs sekali jika tidak di kelola dengan baik oleh para pengusaa dalam negerinya.

Salah satu program pemerintah sekarang pada sektor perizinan bisnis pertambangan adalah dengan menetapkan sistem perizinan satu pintu. Sebagaimana  Instruksi Presiden Nomor 4 tahun 2015 tentang penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) di Badan Koordinasi Penanaman Modal. Intruski tersebut memfokuskan pada program pemangkasan izin usaha migas hari ini, yang pada awalnya pada Kementrian ESDM. Sampai saat bulan oktober sekarang, hampir 60 % perizinan usaha minyak dan gas telah di alihkan ke Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang berada di bawah koordinasi Badan Koordinasi Penanaman Modal. 


Adanya perpindahan wewenang pemberian dan pengurusan izin usaha migas hari ini ditujukan untuk mengurangi sistem perizinan sebelumnya sering dirasakan tumpang tindih. Selain itu, dalam hal lainnya perizinan sebelumnya bersifat pengulangan dalam durasi yang pendek. Kemudian hal tersebut juga bertujuan untk memangkas kasus perizinan-peizinan yang bersifat parsial. Dan melalui sistem perizinan yang baru di BKPM ini, masalah-masalah perizinan tersebut telah disederhanakan dan di gabungkan.

Perpindahan wewenang perizinan mengurus usaha pertambangan khususnya kigas tersebut mesti disambut baik, sekaligus hal tersebut bisa membuka peluang usaha yang semakin lebar lagi bagi siapapun yang mau membuka usaha pada sektor pertambangan minyak dan gas. Sehingga dengan semakin terbukanya peluang berbisnis maka peluang investasi bagi para investor dalam maupun luar negeri juga akan semakin terbuka lebar. Dengan demikian kondisi perekonomian negara dan juga keuangan negara kita bisa menjadi lebih baik lagi. 

You May Also Like

0 komentar