Botol Susu Bayi

by - 00.13

Botol susu adalah salah satu perlengkapan bayi yang penting untuk diperhatikan kebersihannya setiap saat sebelum digunakan. Ibu harus memastikan bahwa cara yang baik membersihkan botol susu bayi sudah dilakukan dengan tepat guna memastikan bahwa botol susu bayi steril, bebas dari kuman maupun bakteri. Seperti yang diketahui bahwa sistem kekebalan tubuh bayi masih dalam masa perkembangan yang belum sempurna sehingga ia lebih rentan terserang kuman dan bakteri penyebab penyakit. Nah, salah satu langkah kecil yang terbaik yang dapat ibu berikan untuk melindungi si kecil agar tidak terserang kuman dan bakteri penyebab penyakit adalah dengan memastikan botol susu bayi selalu steril sebelum digunakan. Dengan botol susu yang steril pastinya kandungan berbagai zat gizi penting di dalam susu, baik ASI maupun susu formula yang terdapat di dalam botol tersebut bisa didapatkan secara maksimal oleh si kecil. 



Lalu, seperti apa cara membersihkan botol susu bayi agar steril lebih lama ? Ada dua tahapan yang dilakukan. Pertama adalah mencucinya terlebih dahulu dan tahap berikutnya adalah sterilisasi. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini cara yang tepat untuk membersihkan botol susu bayi agar steril lebih lama :

Mencuci :

1. Tahap awal adalah mencuci terlebih dahulu. Siapkan wadah besar yang bersih, dan isi dengan air panas. Tambahkan beberapa tetes Sunlight Plus Anti Bakteri yang memang ampuh diformulasikan untuk menghilangkan bakteri.

2. Masukkan botol susu ke dalam wadah tersebut.

3. Angkat botol susu menggunakan pencapit, lalu tuang air panas yang telah diberi Sunlight ke dalam botol. Sikat memakai penyikat botol yang kecil khusus untuk botol susu bayi. Sikat secara perlahan tidak perlu terlalu keras.

4. Bilas botol susu bayi menggunakan air mengalir sampai bersih

5. Taruh di rak pengering yang bersih dengan mengandalkan pencapit yang steril

Sterilisasi :

Setelah dibersihkan, berikutnya cara membersihkan botol susu bayi adalah dengan mensterilkan. Untuk mensterilkan ada banyak metode yang dapat dilakukan. Seperti dengan merebus. Caranya hanya dengan memasukkan botol susu ke dalam panci berisi air, dan kemudian merebusnya sampai air mendidih. Bisa juga dengan microwave yang caranya hanya memasukkan botol ke dalam mangkok tahan panas yang berisi air dengan posisi yang telungkup. Lalu nyalakan mirowave dan biarkan microwave bekerja selama beberapa menit.

You May Also Like

0 komentar