Tips dan Trik Meningkatkan Conversion Rate Optimization

by - 02.00

Conversion Rate Optimization atau CRO adalah suatu sistem yang terstruktur dan tersusun secara sistematis untuk meningatkan jumlah pengunjung suatu halaman website dan menjadikan mereka menjadi pelanggan dan membeli barang di laman anda. CRO ini dapat dilakukan oleh siapa saja yang memiliki website untuk kebutuhan bisnis jual-beli online. CRO ini tidak kalah penting dengan SEO atau Search Engine Optimization dalam meningkatkan bisnis jual-beli online yang anda kerjakan. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk memaksimalkan CRO pada website anda. 


1. Mengetahui keseluruhan konversi yang dilakukan pada website anda termasuk email berlangganan, transaksi pembelian, dan masih banyak lagi.

2. Untuk mendapatkan rasio konversi, anda bisa membagi jumlah konversi pengunjung dengan total pengunjung yang mengakses website bisnis online anda.

3. Mengetahui bounce rate. Untuk memaksimalkan conversion rate optimization, mengetahui bounce rate adalah hal yang cukup penting. Bounce rate adalah jumlah pengunjung yang langsung meninggalkan website anda hanya setelah mengakses satu laman website anda. Jika bounce rate website anda tinggi, maka anda harus mencari cara untuk membuat pengunjung betah untuk mengakses dan melakukan transaksi di website anda. 

4. Mengetahui exit rate. Exit rate merupakan jumlah pengunjung yang berhenti mengakses website anda setelah mengunjungi halaman-halaman website anda. Anda bisa mengetahui halaman terakhir yang diakses oleh pengunjung. Semakin tinggi exit rate, merupakan peringatan yang harus segera anda tangani

5. Rata-rata waktu kunjungan suatu halaman. Jika rata-rata kunjungan halaman anda rendah, berarti pengunjung website anda menyegerakan untuk meninggalkan halaman website anda, yang mana anda harus mencari cara untuk meningkatkan rata-rata kunjungan tersebut.

6. Rata-rata halaman kunjungan. Anda juga perlu mengetahui rata-rata halaman mana saja yang dikunjungi oleh pengunjung sebelum meninggalkan laman website anda untuk menentukan siapa yang hanya datang berkunjung dan siapa yang membeli atau mengunduh dari website anda

Keenam cara tersebut dapat dilakukan untuk meningkatkan conversion rate optimization pada website anda yang akan membuat penungunjung lekas meninggalkan website anda, tetapi melakukan pembelian maupun mengunduh dari website bisnis anda. 

You May Also Like

0 komentar