Mengenal Conversion Rate Optimization

by - 01.31

Tahukah anda apa itu Conversion Rate Optimization? Conversion Rate Optimization (CRO) adalah sebuah sistem yang bekerja untuk meningkatkan presentase jumlah pengunjung suatu laman website dalam dunia pasar dan penjualan di internet dan menjadikan mereka ingin membeli dari laman tersebut. Untuk mengetahui jumlah pengunjung yang mengunjungi dan mengakses laman anda, biasanya pengunjung diminta untuk mencantumkan alamat e-mail, mendaftar dengan menggunakan kata kunci, membeli barang dari laman anda, ataupun mengunduh data dari laman tersebut. 

Conversion Rate Optimization atau CRO adalah program yang sudah dirancang dengan sistematis dan terstruktur untuk meningkatkan transaksi jual-beli di laman anda. Cara kerja CRO adalah dengan mendapatkan timbal balik yang diberikan oleh setiap pengunjung yang mengakses laman anda. CRO juga ditentukan dari objektivitas tingkat keunikan laman website anda. Selain itu, kunjungan terhadap laman website anda bisa dilihat dari aktifitas atau kesibukan lalu-lintas keluar masuk pengunjung ke laman anda. Beberapa hal yang bisa dijadikan acuan untuk memaksimalkan CRO adalah Call to Action (CTA), konversi tersalur, tes split, serta pengujian multivariasi.


Call to Action (CTA)

CTA adalah saat pengunjung laman anda memberikan feedback atau timbal balik setelah mengunjungi laman website anda. Jika website anda adalah website jual-beli, jumlah pengunjung website bisa anda optimalkan dengan transaksi jual-beli yang dilakukan oleh pengunjung laman anda. Selain itu, pengunjung bisa mendaftarkan diri mereka untuk bisa mengakses laman anda secara leluasa. 

Konversi Tersalur

Konversi tersalur adalah proses yang diambil oleh setiap pengunjung yang mengakses laman website anda. Dengan begitu, anda bisa mengetahui laman mana yang sering diakses oleh pengunjung website anda.

Tes Split

Tes split atau dikenal dengan A/B merupakan suatu tes dimana anda membuat halaman dengan isi yang sama persis dengan halaman yang sudah ada, lalu membuat perbandingan dari tes split tersebut.

Pengujian Multivariasi

Membuat variasi laman dalam berbagai kombinasi untuk menentukan variasi dan kombinasi mana yang lebih disukai pengunjung
Dengan kata lain, Conversion Rate Optimization adalah suatu hal yang dilakukan untuk mengontrol dan mengoptimalkan jumlah pengunjung yang melakukan transaksi jual-beli dengan mengakses laman website demi kemajuan bisnis anda. 

You May Also Like

0 komentar