Membuat dan Menguji Perencanaan Conversion Rate Optimization

by - 02.19

Untuk menerapkan sistem conversion rate optimization atau CRO kepada website bisnis online anda, hal yang terlebih dulu harus anda lakukan adalah membuat perencanaan CRO yang nantinya juga akan melewati fase pengujian atau testing. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan website anda dan langkah apa yang paling tepat untuk melakukan CRO yang berujung pada peningkatan transaksi dan keuntungan bisnis online anda. Dalam menerapkan CRO, ada 2 pendekatan yang cukup populer, yaitu taktis dan terencana.

Conversion Rate Optimization (CRO) Taktis


CRO taktis menjadi pilihan yang tepat bagi anda apabila website anda memenuhi beberapa kriteria seperti dilengkapi oleh kotak saran serta perbaikan singkat, mengandalkan kiat-kiat yang menunjang halaman website antara satu dengan yang lain, hanya berpusat pada elemen dasar, kurang memerhatikan perilaku pelanggan, dan yang terakhir adalah tidak mempunyai perencanaan yang jelas. Jika website online anda memenuhi kriteria tersebut diatas, CRO taktis merupakan jalan keluar yang tepat. 

Conversion Rate Optimzation (CRO) Terencana


Anda bisa menerapkan CRO terencana apabila anda berencana untuk mengetahui besaran angka rasio konversi sebelum melakukan perbaikan, membuat hipotesis atau dugaan berdasarkan hasil rasio konversi tersebut, membuat rencana aksi untuk menguji hipotesis tersebut, menerapkan informasi dan pengetahuan yang anda punyai tentang CRO untuk membuat hipotesis baru, serta menyadari bahwa hal ini adalah proses yang terstruktur, konsisten, dan berkelanjutan dalam membuat perbaikan terhadap website online anda.

Dengan kata lain, kedua pendekatan tersebut bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menunjang kinerja CRO dengan syarat anda juga harus mengetahui keadaan serta kebutuhan website bisnis online anda. Dengan mengetahu kondisi website bisnis online anda terlebih dahulu, anda bisa menentukan pendekatan conversion rate optimization atau CRO manakah yang paling tepat untuk diterapkan demi peningkatan kualitas website bisnis online anda yang nantinya akan berujung pada peningkatan pengunjung serta pelanggan yang akan mencintai produk ataupun jasa yang anda tawarkan secara online melalui website bisnis online yang anda miliki.  

You May Also Like

0 komentar