Dampak Kurang Baik Dari Permodalan Asing & Pencegahannya

by - 06.31

Penanaman Modal Asing atau yang biasa disebut dengan PMA merupakan penanaman modal yang digunakan untuk melakukan usaha yang berada di Indonesia. PMA ini memberikan berbagai macam keuntungan. Dengan adanya keuntungan yang diberikan oleh PMA tentu saja akan membantu perkembangan perekonomian di Indonesia, namun jangan salah karena ternyata PMA ini juga memberikan dampak yang kurang baik.

Inilah Alurnya


Mulanya modal asing memang bisa membantu masalah, namun untuk jangka panjangnya investasi asing akan mengurangi tingkat tabungan jika mereka mempertinggi tingkat konsumsi yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia, karena semakin banyaknya barang konsumsi yang disediakan. Selain itu penanam modal juga tidak menanam lagi modal yang didapatkan, untuk jangka panjangnya perusahaan di Indonesia terpaksa harus mengimpor barang mentah yang berasal dari luar negeri padahal keuntungan yang nanti di dapatkan juga akan dibagi dengan luar negeri.

Banyak pandangan pula bila perusahaan asing bisa menghambat perkembangan teknologi bahkan melemahkan persaingan perusahaan di Indonesia. banyak barang luar negeri yang masuk dan mewarnai pasar Indonesia, barang-barang tersebut akan dibanderol dengan harga yang sangat murah, hingga akhirnya masyarakat lebih memilih menggunakan barang tersebut dibandingkan dengan barang dari Indonesia. jika perusahaan Indonesia dapat mengimbangi dengan memproduksi barang dengan kualitas sama namun harga murah, mungkin tidak akan menjadi masalah, namun jika mereka tidak dapat berinovasi, tentu akan menimbulkan masalah yang cukup serius, hingga akhirnya banyak perusahaan Indonesia yang bangkrut dan terjadinya pengangguran.

Untuk mengurangi adanya dampak negatif ini, akan lebih baik jika penanaman modal asing benar-benar dilakukan untuk membiayai infrastruktur di Indonesia. dana pembangunan harus digunakan untuk mengembangkan berbagai sektor produktif dan menekan sektor konsumtif. Memang PMA seperti 2 mata pisau. Namun jika kita dapat merawatnya dengan baik, bukan berarti PMA akan membawa Indonesia menjadi negara maju. Anda tidak perlu cemas dengan PMA, sekarang ini Indonesia memiliki BKPM, BKPM akan memberi tata cara investasi yang mudah dan terstruktur untuk investor. jadi, Anda tidak perlu takut atau memikirkan hal yang bersifat negatif.

You May Also Like

0 komentar